Friday, April 11, 2014

Augmented Reality

Hallo semua hari ini bosen banget kayaknya ngga ada yang spesial juga yasudah kita bahas tentang Augmented Reality aja... apa itu augmented reality begini ceritanya

Augmented Reality adalah teknologi interaktif 3D yang mengkombinasikan aspek rill dan aspek virtual. Konsep ini mungkin agak sulit dipahami tanpa melihat contohnya, namun apabila Anda sudah pernah menonton film Ironman, berarti Anda sudah pernah menyaksikan simulasi pengaplikasian teknologi ini. 

Di film tersebut, tokoh Tony Stark yang diperankan oleh Robert Downey Jr. diceritakan memiliki laboratorium riset yang didukung oleh augmented reality. Tony berkali-kali diperlihatkan berinteraksi dengan obyek nyata yang disimulasikan dengan virtualisasi 3-dimensional. Konsep dimana obyek nyata ditambahkan atau dikembangkan dengan bantuan obyek virtual itulah yang disebut dengan augmented reality.

Teknologi ini pada awalnya dikembangkan untuk keperluan bidang militer, tetapi, seiring perkembangannya augmented reality justru lebih banyak dikembangkan dan diaplikasikan dalam bidang media. Karena media informasi adalah bidang yang sangat mengandalkan kreativitas serta inovasi teknologi, maka tidak heran apabila teknologi augmented reality juga tidak membutuhkan waktu lama untuk memulai debut aplikasinya di bidang periklanan.

Karena teknologi ini merupakan bagian dari teknologi informasi tingkat lanjut serta membutuhkan fasilitas yang canggih, saat ini baru ada beberapa brand yang menerapkan promosi berkonsep augmented reality, salah satunya adalah Momogi. Pada sebuah event, brand makanan ringan ini menerapkan konsep kombinasi riil-virtual ini pada packaging produk mereka, dan memberi kesempatan kepada para pengunjung untuk berinteraksi dengan virtualisasi obyek berupa kemasan produk tersebut.

No comments:

Post a Comment